Lentera Nurani : Puisi-Puisi Sufistik Inspiratif

Lentera Nurani : Puisi-Puisi Sufistik Inspiratif

Sekumpulan puisi yang ditulis sejak 25 tahun silam (1998–2023). Sebagian besar puisi-puisi dalam buku ini diilhami dari beberapa sumber kitab-kitab klasik seperti Kitab Nashaihul ‘Ibad karya Syaikh Nawawi Al-Jawi Al-Bantani Asy-Syafi’i,

Daqaiqul Akhbar karya Syekh Abdurrahim bin Ahmad Al-Qodhi, Al-Hikam karya Syekh Ibnu Atha’illah atau Syekh Ahmad ibnu Muhammad Ibnu Atha’illah As-Sakandari, Syajaratul Ma’arif karya Syaikh Al-Izz bin Abdus Salam As-Sulmi, Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Laits As Samarqandi dan beberapa sumber lainnya.

Membaca puisi dalam buku ini tidak sekadar menyelami makna yang bersumber dari logika, pengalaman hidup dan suasana batin spiritual dari pikiran awam semata, tetapi juga laksana “mengaji sastra keilahian” karena konten puisi dalam buku ini bersumber dari ajaran para ulama klasik yang berisi tuntunan hidup religius, sebagaimana diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad saw. Pendek kata, ibaratnya puisi-puisi yang tersaji dalam buku ini adalah “puisi bersanad” karena disandarkan dari kedalaman ilmu, suasana batin, dan spiritualitas para ulama yang hidup di masa lalu dengan substansinya yang masih tetap relevan dengan situasi dan kondisi terkini.

 

 

 

 

 

  • Informasi Bibliografi
    Judul Lentera Nurani: Puisi-Puisi Sufistik Inspiratif
    Pengarang: Imam Hanafie Mh.A.
    Penerbit: CV. Bintang Semesta Media, 2023
    ISBN: 6231901416, 9786231901415
    Tebal: 128 halaman
Tulisan ini dipublikasikan di Buku dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *