Hadits Ke-1: Orang Yang Pertama Kali Masuk Surga

MUTIARA HADITS

Dari Kitab Mukhtarul Ahadits Hikamil Muhammadiyah

Karya: As Sayyid Ahmad Al Hasyimy

————————————————————

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Bismillah Walhamdu Syukru lillah,
Ashsholatu Wassalamu ‘ala Rasulillah,
Sayyidina Wa maulana Muhammadibni ‘Abdillah
Wa ‘ala Alihi Washahbihi Waman Walah
Lahaula Wa La Quwwata illa Billah
Amma Ba’d

Para Pembaca yang dimuliakan Allah Swt,

Insya Allah secara berkala saya akan men-share kumpulan hadits dari Kitab Mukhtarul Ahadits Hikamil Muhammadiyah ini di Website ini secara rutin dan berurutan.

Kitab Mukhtaarul Ahaadits merupakan salah satu kitab yang disusun oleh Sayyid Ahmad al-Hasyimi, dalam hadits tersebut terpilih hadits-hadits pilihan. Mukhtaarul Ahaadiits Hikamil Muhammadiyah terhimpun dari enam kitab hadits shahih yang disusun berdasarkan urutan abjad (Hijaiyyah) isi kitab ini cukup singkat namun sarat makna. makna yang terkandung di dalamnya mencakup hukum, budi pekerti, atau akhlak, etika, tata cara bersosialisasi, serta hal hal yang terbaik yang tentu jadi panutan bagi kaum muslim dalam kehidupan bermasyarakat.

Insya Allah hadits-hadits yang akan saya share ini berasal dari sumber yang jelas mu’tabarah, karena dalam beragama kita diharuskan untuk belajar inti sari agama Islam dari Sanad yang mutawatir, dari beliau pengarang kitab ini, hingga sampai kepada sumber utamanya, yakni Rasulullah SAW. Semoga sharing dan ulasan singkat hadits-hadits dari kitab ini bisa memberikan wawasan kepada kita dalam berbagai hal, khususnya bagi saya sendiri, sebagai pedoman kita dalam berkehidupan yang lebih baik di dunia, untuk menggapai cita-cita luhur kita di Akhirat kelak. Aamiin.

Terimakasih..

——————————————————

(HADITS KE-1)

ORANG YANG MULA-MULA MASUK SURGA

آتِي بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، فَأَسْتَفْتِحُ، فَيَقُولُ الْخَازِنُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَأَقُولُ: مُحَمَّدٌ. فَيَقُولُ: بِكَ أُمِرْتُ لاَ أَفْتَحُ لأَحَدٍ قَبْلَكَ

Aku (Nabi SAW) datang pada pintu surga di Hari Kiamat, lalu aku minta dibukakan pintu itu, maka berkata penjaganya: Siapakah engkau ini? Maka aku berkata: “Muhammad”. Maka berkata orang yang menjaga pintu: Aku diperintah bahwa jangan membuka pintu surga bagi seorangpun sebelum engkau

 (Hadits Riwayat Ahmad dari Anas).

———————————————————

Keterangan:

Pintu surga tidak akan dibukakan bagi seorangpun sebelum  Nabi Muhammad SAW. dan di waktu Nabi Muhammad telah datang ke pintu surga, barulah pintu itu dibukakan oleh yang menjaganya (Malaikat Ridhwan).  Demikianlah perintah Allah s.w.t. kepada penjaga surga dan Nabi­lah yang mula-mula memasukinya.

Walhasil, berdasarkan hadits ini bahwa semua manusia tidak akan bisa masuk ke sorga terkecuali apabila Nabi Muhammad SAW terlebih dahulu sudah memasukinya. Karena Nabi Muhammad SAW adalah perantara besar bagi semua ummat manusia untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan kebahagiaan Akhirat. Tanpa keberadaan Nabi Muhammad SAW kita semua tidak akan berarti apa-apa.

 

Sumber: Kitab Mukhtarul Ahadits Hikamil Muhammadiyah

———————————————————

Tulisan ini dipublikasikan di Kitab Mukhtarul Ahadits dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan